CITRA DESTINASI MELALUI FILM: (STUDI KASUS KAMPUNG WISATA BATIK KAUMAN PEKALONGAN)

  • Deivy Zulyanti Nasution Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstract

Kurang maksimalnya peningkatan kunjungan wisata ke Kampung Wisata Batik Kauman Pekalongan, dapat disebabkan kurang efektifnya media promosi yang dilakukan oleh pemerintah. Dimana pemerintah belum pernah menggunakan film sebagai sarana promosi, padahal film merupakan salah satu media yang efektif dalam membangun citra suatu destinasi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film terhadap citra destinasi, film yang digunakan adalah film dokumenter yang diproduksi oleh penulis, metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey, instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang di unduh melalui www.surveymonkey.com dalam kurun waktu 2 bulan, populasi sebanyak 168 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 100 responden yang mengisi kuesioner secara lengkap, teknik analisis yang digunakan uji paired t test dan uji regresi.  Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui film yang berjudul Kauman Pekalongan Travel Guide mendapatkan persepsi yang baik (83%). Citra destinasi Kampung Wisata Batik Kauman Pekalongan sebelum pemutaran film termasuk kategori baik yaitu  cognitive image termasuk kategori baik (74,7%), unique image termasuk kategori baik (75,8%), dan affective image termasuk kategori baik (72,4%). Setelah pemutaran film cognitive image termasuk kategori baik (79,1%), unique image termasuk kategori baik (82,4%), dan affective image termasuk kategori baik (80,3%). Hasil uji statistik menunjukkan cognitive image, unique image, dan affective image setelah pemutaran film lebih baik daripada
sebelum pemutaran film (p=0,000). Film berpengaruh terhadap cognitive image (t hitung = 3,258,  p = 0,002), terhadap unique image (t = 5,772,  p = 0,000), dan terhadap affective image Kampung Wisata Batik Kauman Pekalongan (t hitung= 5,854,  p = 0,000). Pemerintah daerah diharapkan dapat menerapkan dan menggunakan film sebagai media promosi Kampung Wisata Batik Kauman Pekalongan melalui situs online.

Published
2018-06-07
How to Cite
NASUTION, Deivy Zulyanti. CITRA DESTINASI MELALUI FILM: (STUDI KASUS KAMPUNG WISATA BATIK KAUMAN PEKALONGAN). Jurnal Ilmiah Pariwisata, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 10-20, june 2018. ISSN 2599-0209. Available at: <https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1176>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.30647/jip.v23i1.1176.