PENGEMASAN MAKANAN LOKAL SEBAGAI PRODUK WISATA KULINER DI BALI
Abstract
This paper aims to describe the potential and opportunities of the traditional food which is processed from the local material as a cultural product. Field survey, interview and literature review conducted to collect the data, and the results were analyzed by descriptive qualitative. The traditional food is a one of the component of culture in Bali tourism development. Knowing the economic benefits by using the local food as a cultural product, has led to the idea for businesses to develop the traditional food as culinary tourism product. To distinguish Bali culinary to the other culinary, the traditional food packed not only by using the unique of ingredients but also the food is served by Balinese service. A nice attitudes and the friendly behaviors of Balinese people as strength of Bali culinary package. However, to introduce the Balinese culinary to broader scope it is need a proper strategy in marketing . In this case, the practices have to use the right media to promote the Bali culinary to people especially for tourist. The expected through packaging the traditional foods into culinary products, people can get a better life not only in the economic aspect but also in terms of socio - cultural aspects, the people would appreciate its local products.References
Adi, Isbandi Rukminto. 2012. Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarajat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ardika, I Wayan. 2004. “Pariwisata Bali: Membangun Pariwisata Budaya dan Mengendalikan Budaya Pariwisata”. Dalam Bali Menuju Jagadhita: Aneka Perspektif. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Atmadja, Nengah Bawa. 2010. Ajeg Bali Gerakan, Identitas Kultural dan Globalisasi. Yogyakarta. LKIS.
Ben, Sarbini Mbah. 2010. Paradigma Baru Pariwisata Sebuah Kajian Filsafat. Yogyakarta:Kaukaba
Covarubias, Miguel. 2012. Pulau Bali Temuan yang Menakjubkan. Sunaryo Basuki Penerjemah. Denpasar: Udayana University Press.
Hartley, John. 2010. Communication, Cultural, Media Studies Konsep Kunci. Kartika Wijayanti Penerjemah. Yogyakarta: Jalasutra
Kellner, Douglas. 2010. Budaya Media Cultural Studies, Indentitas dan Politik: Antara Modern dan Posmodern. Yogyakarta: Jalasutra
Margi, I Ketut. Arini, Risa Panti. Widiastini, Ni Made Ary. 2012 -2013. Pengembangan Wisata Kuliner Lokal Berbasis Pemanfaatan Hasil Produksi Masyarakat Lokal Serta Edukasi Pengemasannya. Hasil Penelitian. Lembaga Penelitian, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Pilliang, Yasraf Amir. 2006a. “Imagologi dan Gaya Hidup: Membingkai Tanda dan Dunia” . Dalam Alfathri Aldin (ed). Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realistas. Bandung: Jalasutra. Hal 71-90.
_________________. 2006b. “Konsumsi, Selera dan Perubahan Sosial”. Dalam Alfathri Aldin (ed). Menggeledah Hasrat: Sebuah Pendekatan Multi Perspektif. Bandung: Jalasutra. Hal 389-406.
Pitana, I Gde. Gayatri, Putu G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi
Prasiasa, Dewa Putu Oka. 2013. Destinasi Pariwisata Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Salemba Humanika.
Ritzer, George.2009. “Kata Pengantar”. Dalam Jean P. Baudrillard.. Masih Ada Jalan Masyarakat Konsumsi. (Wahyunto Penerjemah). Yogyakarta: Kreasi Wacana. Hal xiii – xiviii.
Suprapti, Ni Wayan Sri. 2010. Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Udayana University Press: Denpasar.
Suyanto, Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Moderenisme. Jakarta: Prenada Media Group.
Takwin, Bagus. 2009. “Kata Pengantar”. Dalam Richard Harker, Cheelen Mahar dan Chris Wilkes (ed). Bandung: Jalasutra
Vellas, Francois dan Becherel Lionel. 2008. Pemasaran Pariwisata Internasional Sebuah Pendekatan Strategis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Wijayanto, Eko. 2012. Genetika Kebudayaan Seri 2. Yogyakarta: Salemba Humanika.
Ardika, I Wayan. 2004. “Pariwisata Bali: Membangun Pariwisata Budaya dan Mengendalikan Budaya Pariwisata”. Dalam Bali Menuju Jagadhita: Aneka Perspektif. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Atmadja, Nengah Bawa. 2010. Ajeg Bali Gerakan, Identitas Kultural dan Globalisasi. Yogyakarta. LKIS.
Ben, Sarbini Mbah. 2010. Paradigma Baru Pariwisata Sebuah Kajian Filsafat. Yogyakarta:Kaukaba
Covarubias, Miguel. 2012. Pulau Bali Temuan yang Menakjubkan. Sunaryo Basuki Penerjemah. Denpasar: Udayana University Press.
Hartley, John. 2010. Communication, Cultural, Media Studies Konsep Kunci. Kartika Wijayanti Penerjemah. Yogyakarta: Jalasutra
Kellner, Douglas. 2010. Budaya Media Cultural Studies, Indentitas dan Politik: Antara Modern dan Posmodern. Yogyakarta: Jalasutra
Margi, I Ketut. Arini, Risa Panti. Widiastini, Ni Made Ary. 2012 -2013. Pengembangan Wisata Kuliner Lokal Berbasis Pemanfaatan Hasil Produksi Masyarakat Lokal Serta Edukasi Pengemasannya. Hasil Penelitian. Lembaga Penelitian, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Pilliang, Yasraf Amir. 2006a. “Imagologi dan Gaya Hidup: Membingkai Tanda dan Dunia” . Dalam Alfathri Aldin (ed). Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realistas. Bandung: Jalasutra. Hal 71-90.
_________________. 2006b. “Konsumsi, Selera dan Perubahan Sosial”. Dalam Alfathri Aldin (ed). Menggeledah Hasrat: Sebuah Pendekatan Multi Perspektif. Bandung: Jalasutra. Hal 389-406.
Pitana, I Gde. Gayatri, Putu G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi
Prasiasa, Dewa Putu Oka. 2013. Destinasi Pariwisata Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Salemba Humanika.
Ritzer, George.2009. “Kata Pengantar”. Dalam Jean P. Baudrillard.. Masih Ada Jalan Masyarakat Konsumsi. (Wahyunto Penerjemah). Yogyakarta: Kreasi Wacana. Hal xiii – xiviii.
Suprapti, Ni Wayan Sri. 2010. Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Udayana University Press: Denpasar.
Suyanto, Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Moderenisme. Jakarta: Prenada Media Group.
Takwin, Bagus. 2009. “Kata Pengantar”. Dalam Richard Harker, Cheelen Mahar dan Chris Wilkes (ed). Bandung: Jalasutra
Vellas, Francois dan Becherel Lionel. 2008. Pemasaran Pariwisata Internasional Sebuah Pendekatan Strategis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Wijayanto, Eko. 2012. Genetika Kebudayaan Seri 2. Yogyakarta: Salemba Humanika.
Published
2014-07-01
How to Cite
.
PENGEMASAN MAKANAN LOKAL SEBAGAI PRODUK WISATA KULINER DI BALI.
Jurnal Ilmiah Pariwisata, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 121 - 133, july 2014.
ISSN 2599-0209.
Available at: <https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/16>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Issue
Section
Article
Keywords
Local Food, Product, Tourism Culinary, Bali