Pelatihan Kepemanduan dan Hospitaliti Dengan Metode Role Play Bagi Anggota Pokdarwis Golo Cucu di Kampung Nuri, Desa Kempo

  • Roseven Rudiyanto Politeknik eLBajo Commodus
  • Bonifasia Ramadani Polikteknik elBajo Commodus
  • Fransiska M.I Pakung Polikteknik elBajo Commodus
  • Efasius Nanggor Polikteknik elBajo Commodus

Abstract

Pemandu wisata dan keramahan merupakan dua kemampuan dasar yang dimiliki anggota Pokdarwis dalam memberikan kontribusi langsung bagi pengembangan pariwisata di desanya. Kedua kemampuan tersebut sangat penting karena mempengaruhi kepuasan kunjungan wisatawan. Pokdarwis Golo Cucu terletak di Kampung Nuri, Desa Kempo, ditetapkan sebagai desa wisata di Kabupaten Manggarai Barat. Namun, anggota Pokdarwis membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan keramahan dalam produk wisata yang ditawarkan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemandu wisata dan keramahan anggota Pokdarwisa Golo Cucu di Kampung Nuri Desa Kempo dengan metode roleplay untuk mengevaluasi produk wisata yang telah disiapkan dan mensimulasikan jika wisatawan berkunjung. Metode pelatihan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) ini adalah role play. Tim PKM bertindak sebagai turis dan anggota Pokdarwis bertindak sebagai pemandu wisata. Hasil kegiatan menunjukkan anggota Pokdarwis sudah memiliki kemampuan dan keterampilan dasar kepramukaan dan perhotelan. Saran berdasarkan kegiatan adalah 1) pelatihan bahasa Inggris untuk anggota Pokdarwis, 2) sertifikasi pemandu wisata untuk anggota Pokdarwis, dan 3) pelatihan pemasaran digital.


Kata Kunci: Pokdarwis, Kepemanduan, Perhotelan, Peran

Published
2022-12-26
How to Cite
RUDIYANTO, Roseven et al. Pelatihan Kepemanduan dan Hospitaliti Dengan Metode Role Play Bagi Anggota Pokdarwis Golo Cucu di Kampung Nuri, Desa Kempo. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 104-111, dec. 2022. ISSN 2715-923X. Available at: <https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1610>. Date accessed: 17 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v4i2.1610.