Pelatihan dan Pendampingan Manajemen, Pemasaran Melalui Media Periklanan “Sms Broadcaster” pada Desa Wisata Dayeuhkolot Kabupaten Subang

Bahasa Indonesia

  • Untung Novianto Universitas 'Aisyiyah Bandung
  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Salman Thariqi Setiawan Universitas 'Aisyiyah Bandung

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan kepada pihak pengelola dan pihak terkait bagaimana pengelolaan manajemen pada suatu desa wisata serta bagaimana melakukan pemasaran digital yang mudah dipahami oleh semua pihak salah satunya dengan penggunaan alat/aplikasi “SMS Broadcaster”. Desa Wisata ini memiliki sumber daya alam yang sangat banyak dan alam yang sangat indah, akan tetapi dalam masalah ini masih banyak sdm atau pihak pengelola yang belum paham mengenai manajerial pada Desa Wisata tersebut yaitu bagaimana pengurusan suatu manajemen tempat wisata serta apa saja yang harus dilakukan dan belum sepenuhnya paham mengenai bagaimana cara pemasaran desa wisata tersebut. Solusi yang diberikan oleh tim pengusul yaitu melakukan metode pelatihan Manajemen dan Pemasaran melalui media  “SMS Broadcaster” sebagai alat/media untuk pemasaran digital dengan metode Forum Group Discussion dan Praktek. Hasil dari kegiatan ini para warga dan pengelola sudah mulai memahami bagaimana pengelolaan manajemen suatu objek wisata dan mampu melakukan pemasaran digital melalui media/alat “Sms Broadcaster “ . Kesimpulannya para peserta sudah mampu memahami dasar manajemen dan pemasaran Desa Wisata. sebaiknya pelatihan ini dilakukan secara berkala dengan berbagai narasumber baik institusi maupun asosiasi.


Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran, Desa Wisata

Published
2022-12-26
How to Cite
NOVIANTO, Untung; YUNITASARI, Septiyani Endang; SETIAWAN, Salman Thariqi. Pelatihan dan Pendampingan Manajemen, Pemasaran Melalui Media Periklanan “Sms Broadcaster” pada Desa Wisata Dayeuhkolot Kabupaten Subang. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 97-103, dec. 2022. ISSN 2715-923X. Available at: <https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1629>. Date accessed: 20 july 2024. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v4i2.1629.