Pelatihan Diversifikasi Produk Kearifan Pangan Lokal di Desa Wisata Muntei dan Desa Wisata Matotonan, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

  • Ira Mayasari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Novita Widyastuti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Fetty Asmaniati Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Devita Gantina Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah melatih inovasi olahan pangan  lokal  yang  diolah  secara  rumahan  sebagai upaya ketahanan pangan keluarga di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan mengolah singkong, pisang, sagu dan keladi menjadi olahan makanan yang sehat, metode tanya  jawab  untuk  memberikan  umpan  balik  pada peserta. Peserta pelatihan adalah ibu-ibu rumah tangga berjumlah 30 orang. Pelatihan berjalan lancar dengan menghasilkan produk dari singkong yaitu lapik bairatti, bairatti si muntlu bagania iba, tetet gowgow dan mata magok. Olahan pisang yaitu kue bagok koloyo, bagok sirarak sileppak, magok sipurut dan pisang kuah kukus. Olahan sagu yaitu kue sagaik, kembang sagaik, cendol sagu dan singi ngiri. Olahan keladi yaitu donat getek, perkedel iba getek, satai lilit keladi dan perkedel keladi. Setelah mengikuti pelatihan, peserta sudah dapat menyediakan makanan sehat dengan berbagai pilihan yang disajikan.Saran yang diberikan adalah masyarakat dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan yang ada, agar terpenuhinya rempah dan bahan pangan memasak sehingga memudahkan mereka saat menggunakannya. Serta dapat berinovasi dalam mengolah bahan makanan menjadi masakan sehat yang dapat disajikan baik untuk keluarga maupun tamu.


Kata Kunci: Diversifikasi, Pangan Lokal, Kepulauan Mentawai

Published
2022-12-26
How to Cite
MAYASARI, Ira et al. Pelatihan Diversifikasi Produk Kearifan Pangan Lokal di Desa Wisata Muntei dan Desa Wisata Matotonan, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 126-137, dec. 2022. ISSN 2715-923X. Available at: <https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1638>. Date accessed: 17 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v4i2.1638.