Pengembangan Wisata Edukasi Pada Daya Tarik Ekowisata Bukit Cemeng di Desa Adat Sidembunut, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli

  • I Ketut Arta Widana Program Studi Industri Perjalanan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
  • I Gede Sutarya Program Studi Industri Perjalanan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
  • Ni Made Rai Kristina Program Studi Industri Perjalanan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
  • I Gusti Ketut Indra Pranata Darma Program Studi Industri Perjalanan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
  • Ida Anuraga Nirmalayani Program Studi Industri Perjalanan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa

Abstract

Kegiatan pengembangan wisata edukasi pada daya tarik ekowisata Bukit Cemeng di Desa Adat Sidembunut, Kelurahan Cempaga, Kecamatan BangliĀ  Kabupaten Bangli. Bukit cemeng merupakan hasil pemikiran masyarakat sekitar dalam mengembangkan area perbukitan yang dikemas secara gotong royong. Banyaknya jenis tanaman yang terdapat di Bukit Cemeng sering menjadi bahan diskusi serta pertanyaan baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa mengenai nama serta manfaat dari setiap tanaman terlebih ekowisata selalu identik dengan keaslian maupun keasrian lokasi wisata. Penelitian ini bertujuan dalam mengenalkan manfaat berbagai macam tanaman kelapa untuk edukasi kepada wisatawan. Model edukasi kepada wisatawan nantinya berbentuk petunjuk pada setiap tanaman kelapa yang ditanam dengan beragam jenis. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Industri Perjalanan dilaksanakan dengan metode kualitatif dan diskusi. Pengenalan jenis kelapa menjadi salah satu simbol sakral bagi masyarakat Bali pada khususnya sehingga diharapkan mampu menambah pengetahuan langsung bagi para wisatawan dari segala kalangan. Pada kegiatan tersebut, pengelola DTW mendapatkan pengetahuan baru tentang berbagai macam tanaman upakara untuk dapat dimanfaatkan serta menjadi bekal dalam mengedukasi wisatawan.


Kata Kunci: Edukasi; Ekowisata; Kelapa

Published
2021-12-23
How to Cite
ARTA WIDANA, I Ketut et al. Pengembangan Wisata Edukasi Pada Daya Tarik Ekowisata Bukit Cemeng di Desa Adat Sidembunut, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 59-65, dec. 2021. ISSN 2715-923X. Available at: <https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1581>. Date accessed: 17 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v3i2.1581.