Strategi Pengelolaan Wisata Pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang

  • Lintang Citra Christiani Universitas Tidar
  • Indira Swasti Gama Bhakti Universitas Tidar
  • Rizza Arge Winanta Universitas Tidar

Abstract

Kelurahan Mendut memiliki potensi wisata yang besar dan menjadi bagian dari KSPN. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat dalam pengelolaan wisata. Metode yang digunakan dalam penguatan kapasitas masyarakat yakni contextual teaching and learning (TCL) untuk menghubungkan materi dengan kondisi riil yang ada dalam masyarakat mitra, khususnya untuk sasaran pelaku wisata dan pokdarwis. Pengabdian dilakukan dalam tiga tahapan dan diakhiri dengan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi, peserta tidak hanya mengetahi tetapi juga memilki kemampuan mengidentifikasi kasus, pemilihan prosedur, dan menyelesaikan masalah terkait pengelolaan wisata. Kegiatan pengabdian menghasilkan solusi dari permasalahan masyarakat mengenai pemahaman KSPN dan pengelolaan wisata yang masih terbatas. Selanjutnya, masyarakat perlu mendapatkan pendampingan dalam merancang dan menerapkan strategi pariwisata kreatif dengan metode partisipatif.


Kata Kunci: Pengelolaan wisata, KSPN, Mendut, Magelang


 

Published
2022-12-26
How to Cite
CHRISTIANI, Lintang Citra; BHAKTI, Indira Swasti Gama; WINANTA, Rizza Arge. Strategi Pengelolaan Wisata Pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 76-86, dec. 2022. ISSN 2715-923X. Available at: <https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1642>. Date accessed: 17 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v4i2.1642.