Pemberdayaan Pokdarwis: Peningkatan Kualitas Pelayanan di Dusun Ngaran II, Desa Borobudur, Magelang

  • Amalia Mustika Institut Pariwisata Trisakti
  • Fachrul Husain Habibie Institut Pariwisata Trisakti
  • Savitri Hendradewi Institut Pariwisata Trisakti
  • Mimi Enggriani Institut Pariwisata Trisakti

Abstract

Pemerintah Indonesia secara aktif bekerja untuk mengembangkan sektor pariwisata secara berkelanjutan. Salah satu program pemerintah yang ditujukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pembangunan Desa Borobudur. Sebagai bagian dari inisiatif ini, salah satu dusun di Desa Borobudur, dusun Ngaran II, telah membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) untuk mendukung pengembangan desa menjadi tujuan wisata berkelanjutan. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Pokdarwis dalam memberikan pelayanan prima kepada wisatawan, telah diselenggarakan serangkaian kegiatan, meliputi ceramah, diskusi, dan simulasi pengabdian. Fokus pelatihan adalah pada prinsip-prinsip pelayanan yang baik dan teknik komunikasi yang efektif, khususnya dalam bahasa Perancis. Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Pokdarwis. Dengan begitu, diharapkan jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata yang dikelola Pokdarwis akan meningkat. Melalui pendekatan pariwisata berkelanjutan ini, Desa Borobudur bertujuan untuk menawarkan pengalaman yang memuaskan kepada pengunjung sambil melestarikan warisan alam dan budaya daerah tersebut.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Homestay, Komunikasi

Published
2023-06-15
How to Cite
MUSTIKA, Amalia et al. Pemberdayaan Pokdarwis: Peningkatan Kualitas Pelayanan di Dusun Ngaran II, Desa Borobudur, Magelang. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 69-77, june 2023. ISSN 2715-923X. Available at: <https://jurnalpariwisata.iptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1706>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v5i1.1706.